The Beauty Inside : Film Korea Tentang Cinta Seribu Wajah

The-Beauty-InsideApa yang akan kamu lakukan, jika setiap kali kamu terbangun di pagi hari lalu diri kamu mengalami perubahan total? Bukan hanya perubahan pada wajah, tapi juga fisik, suara, kemampuan berbahasa, tinggi badan..bahkan gender!

Dan hal itu terjadi setiap hari.

Khas sentuhan film dan drama korea pada umumnya yang cenderung kreatif serta fresh concept, maka jika kamu adalah penikmat film apalagi korean movie loverThe Beauty Inside layak kamu masukan ke dalam watch list kamu pada weekend ini.

I will tell you why…

IDE CERITA YANG FRESH DAN MENARIK

Bercerita tentang seseorang yang harus menghadapi kenyataan bahwa dirinya selalu berubah setiap hari menjadi kekuatan utama di film ini. Karena yang terjadi selanjutnya adalah elaborasi tentang bagaimana main character berjuang serta bertahan untuk terus hidup tanpa ada satu orang pun yang sadar bahwa dirinya ada, tanpa memiliki kemampuan untuk bersosialisasi dengan orang di sekitarnya.

Well, kalo wajah kamu berubah setiap hari dan itu sangat random, siapa yang bisa mengingat kamu? Iya kan?

brendoninthousandfacesnew

Gimana cewek mau inget kalo muka kamu berubah terus setiap hari?

Jika berubah karena operasi plastik saja bisa membuat orang lain pangling, apalagi berubah setiap hari, bahkan terkadang bisa menjadi cewek ataupun cowok secara unpredictable.

Romantic story? Pasti ada, this is korean movie after all. Tapi dengan menekankan sejak awal bahwa main character dari film ini memiliki masalah bersosialisasi bahkan hanya untuk sekedar berteman (apalagi masalah percintaan) membuat jalan ceritanya jadi terkesan tidak membosankan dan out of the box. Cewek mana yang mau menerima cowok yang setiap hari berubah secara random (karakter utama film ini cowok kok, dan kadang dia berubah jadi cewek juga).

MAIN CHARACTER TIDAK BERGANTUNG SATU AKTOR

Jangan pernah sedikit pun membayangkan kalo kamu bisa melihat single actor, cowok, korean, ganteng, kece badai semacam Bae Yong Jun atau Rain berakting selama 2 jam di film ini, lantas kamu bisa membayangkannya dalam mimpi sambil tidur ngiler.

Nope, not a chance. Not a little bit.

Karena tuntutan cerita bahwa main character di film ini adalah orang yang selalu berubah setiap harinya, maka sutradara pun menggunakan puluhan, ratusan aktor untuk memerankan main character dari film ini. Satu hari kamu akan melihat dia sebagai pemuda ganteng yang super cute, sampe rasanya kalo dijual di toko rela menghabiskan duit gaji 3 bulan supaya bisa dibawa pulang, tapi di lain hari dia berubah menjadi sosok orang tua berwajah eropa yang matanya rabun miopi akut hingga harus menggunakan kacamata tebal. Atau sehari berikutnya dia berubah menjadi remaja berparas jepang yang bahkan kesulitan untuk bisa berbahasa korea, jadi terpaksa mengurung diri sehari semalam di kamar, sampai besoknya dia berubah lagi.

The concept is super unique and astounding.

beauty-inside-dibintangi-21-artis-termasuk-park-shin-hye-dan-lee-dong-wook

Satu karakter utama diperankan oleh banyak aktor

Kepiawaian sutradara mengarahkan puluhan aktor untuk memerankan main character harus diacungi jempol, karena nanti kamu akan merasakan langsung bahwa walaupun orangnya berbeda, tapi ekspresi, gaya bicara, gaya jalan, semuanya terlihat sama. Seolah mereka semua adalah memang orang yang sama. Lewat peran dari puluhan aktor tersebut, emosi dan personality dari main character justru terbangun secara utuh, karena bukan hanya bergantung pada akting dari satu orang. Sisi humanis dari si main character juga jadi semakin kuat, dimana walapun aktornya berbeda mereka selalu tetap menampilkan ekspresi gloomy, sendu yang menyiratkan bahwa main character adalah orang paling kesepian di dunia.

KONSEP CINTA YANG MELAMPAUI PERASAAN

Dari mata turun ke hati. Pepatah kuno umum yang pasti akan langsung diamini oleh siapapun yang pernah merasakan jatuh cinta di atas muka bumi ini. Ya iyalah, kamu naksir cewek atau cowok pasti kan karena lihat wajahnya dulu. Ngaku.

Tapi gimana kalo ternyata saat kamu sudah suka sama seseorang, tiba-tiba wajahnya berubah menjadi orang lain? Apa kamu masih mau menerima dia?

Konflik utama dalam film ini adalah ketika main character yang bernama Kim Woo Jin ini suka dengan seorang cewek. Pertemuan awalnya adalah ketika Kim Woo Jin sedang melihat-lihat furniture di sebuah toko, dan dia bertemu Hong Yi Soo yang menjadi asisstant manager dari toko furniture tersebut.

Jadi kawan-kawan semua, Tuhan itu memang Maha Adil, walaupun si Kim Woo Jin ini memiliki keterbatasan sosial, tapi dia ini adalah seorang tukang meubel yang luar biasa berbakat. Furniture yang dia buat selalu berkelas dan banyak dipesan oleh orang, salah satunya adalah toko furniture tempat Hong Yi Soo bekerja.

Cinta pada pandangan pertama memang selalu abadi. Begitu pula Kim Woo Jin, demi bisa mengajak dinner Hong Yi Soo, dia menunggu saat yang tepat ketika dirinya berubah jadi cowok tulen yang kece, rapi, dan ganteng. Dan setelah dia berhasil mendapatkan sosok tubuh ideal itu, dia rela untuk tidak tidur selama 3 malmm berturut-turut hanya agar wajahnya tidak berubah! (kalo mukanya berubah lagi, percuma dong pedekate yang udah setengah mati tadi).

00081221

First date Kim Woo Jin (kiri) bersama Hong Yi Soo (kanan), besoknya karena gak sengaja ketiduran dia berubah jadi bapak tua botak, terus galau selama berhari-hari.

Konsep cinta yang ditawarkan oleh film ini sangat menarik, karena pesan yang ingin disampaikan oleh sutradara sangat jelas : bahwa cinta bisa melampaui persasaan yang cenderung tangible. Penonton diajak untuk ikut merasakan bagaimana dua sosok muda-mudi ini menyelesaikan segala permasalahan yang terjadi di antara mereka, tentang acceptance, tentang bagaimana  membawa fenomena tidak normal menjadi normal, tentang memilih antara tekanan sosial atau kebahagiaan internal.

Does love always win? Better see yourself.

MUSIC SCORE YANG LUAR BIASA NGENA

Sepanjang film, kamu akan disuguhkan bukan hanya akting para aktor yang piawai memainkan ekpresi lonely, ceria, sendu secara bergantian, melainkan juga disuguhkan komposisi music score yang luar biasa ciamik demi membangun suasana emosi yang ada.

Salah satu faktor utama yang bisa membuat sebuah film sukses atau tidak sukses adalah musik, dan The Beauty Inside mampu menghadirkan komposisi musik yang sangat sesuai untuk setiap suasana dan scene sepanjang cerita.

tbi2bstill2b252892529

Adegan Kim Woo Jin yang sudah terlanjur membuat janji date, tapi karena gak sengaja ketiduran, malah berubah dari ganteng jadi seperti ini…pada adegan ini musik ikut menunjukan kesedihan dan keputusasaan Kim Woo Jin..hiks..hiks..

Ada banyak film korea yang bercerita tentang drama percintaan, dimana karakter-karakter utama dalam filmnya diperankan oleh aktor dan aktris mainstream yang wajahnya selalu cantik serta tampan tiada tara. Tapi demi menunjukan bahwa cinta bukan soal wajah dan fisik semata, film ini menyampaikan pesan tersebut lewat cara yang unik dan kreatif.

Disertai dengan tumpang-tindih antara adegan lucu, sedih, romantis dan bahkan seringkali emosional membuat kamu tidak akan merasa bosan bahkan sejak menit-menit awal film ini diputar. Alur cerita yang rapi, progresif namun tidak terburu-buru membuat kamu akan merasa nyaman menikmati film ini bahkan dalam kondisi santai. Bagi yang ingin menonton film ini dengan pasangan juga sangat recommended, membuat kalian jadi bisa saling mengingatkan bahwa cinta bukan soal urusan wajah semata (ehm..ehm).

Jangan khawatir, yang belum ada pasangan jika ingin menonton film ini bersama teman-teman juga tetep terasa seru dan menyenangkan, karena sejak awal memang filmnya sudah sangat entertaining.

So, folks..do not wait any longer. Pack your bag, prepare your schedule, then hunt down this movie and enjoy it alone or together.

Jangan lupa besok pagi cek pasangan masing-masing ya, wajahnya berubah atau enggak…

Fin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s