Fantasy Premier League Season 2015/16 – DGW 37 Predictions

featured image DGW 37

FPL Mania,

DGW 37 adalah alarm yang menandai hampir sampainya kita di penghujung musim 2015/16. Dengan kepastian juara telah direngkuh Leicester City, dan mengerucutnya kandidat klub peraih zona kompetisi Eropa dan degradasi, namun berbading terbalik dengan hal tersebut kompetisi liga, head-to-head, dan cup competition dari FPL masih berlanjut hingga pekan terakhir, we have to be aware in every details.

Karenanya, khusus untuk GW kali ini, saya akan memberikan pendekatan yang berbeda dalam menuliskan preview jalannya setiap laga. Saya akan mencoba secara khusus membahas lini per lini dan mengkorelasikan dengan laga-laga yang akan berlangsung. Singkat, padat, dan terarah. Semoga memberikan visi yang sedikit berbeda bagi Anda, namun dengan tujuan yang massif, mendulang puluhan poin dari DGW kali ini.

Now let’s take a look at the fixture. Dapat kita lihat, ada 8 tim yang akan memainkan 2 laga pada DGW 37, yakni Liverpool, Norwich, Sunderland, West Ham (keempatnya menjalani 2 laga home), Chelsea, Man United, Watford, dan Everton (keempatnya menjalani 2 laga away).

DGW 37

Kemudian, kita tambahkan tabel klasifikasi yang saya yakin Anda akan tertarik, yakni tabel motivasi tim. Di sini, saya akan mengelompokkan tim-tim dengan masing-masing atensi yang tentu menjadikannya salah satu faktor penting sebelum anda memilih pemain dari tim tersebut.

Motivation Pts

Setelahnya, saya menambahkan 1 tabel lagi, yakni tabel tingkat kesulitan jadwal dari masing-masing tim, yang saya nilai sendiri secara kualitatif dan kemudian saya kuantita-kan dari yang paling mudah ke yang paling sulit, lewat ranking dan pembagian poin.

Fixture Pts

Sedikit sentuhan Ms. Excel, dan dengan memberikan masing-masing 1 dan 2 poin tambahan untuk pemegang fixture DGW (1 untuk away teams dan 2 untuk home teams), maka tabel formulasi prioritas transfer akan menjadi seperti ini.

Klasemen Prioritas DGW 37

Dari sana, kemudian kita cek jadwal dari masing-masing lini dari 20 tim, untuk membantu kita mengukur skala prioritas dari tiap pemain dari tim mana yang akan kita ambil. Tim dengan 10 poin adalah tim-tim yang pemain pentingnya highly recommended untuk ditransfer, dan tim dengan 3 poin sebaiknya tidak anda transfer.

Goalie

Dua penjaga gawang meta, David De Gea (5.9, MUN, 8 poin simulasi) dan Heurelho Gomes (5.1, WAT, 6), akan menjalani 2 laga away di DGW. De Gea mungkin lebih diunggulkan untuk mendapatkan clean sheet, namun penampilan Norwich di Emirates harusnya membuat para manajer FPL yang menggunakannya waspada. Adrian (WHU) harus menepi karena cedera, setidaknya untuk GW ini.

Petr Cech (5.9, ARS, 6) dan Joe Hart (5.6, MCI, 6) akan saling berhadapan dan sangat tidak direkomendasikan untuk memasang keduanya. Thibaut Courtois (5.3, CHE, 6) dan Simon Mignolet (5.0, LIV, 6) kemungkinan besar akan dirotasi. Jika serius, Kasper Schmeichel (5.0, LEI, 6) akan menjalani laga yang tidak berat, yakni menjamu Everton di laga terakhir mereka di kandang. Joel Robles (4.3, EVE, 5) akan mengawal gawang Toffes di 2 laga away terakhir mereka musim ini karena kompatriotnya Tim Howard akan menjalani laga perpisahan di Goodison Park GW depan.

Kiper lain yang sedang on-fire adalah Carl Darlow (3.9, NEW, 10) dan Vito Mannone (4.3, SUN, 10), yang keduanya bisa didapatkan dengan harga murah dan memiliki jadwal yang relatif ringan.

Backline

Sebelumnya, mari memilah dulu kepentingan anda mencari para pemain belakang. Jika anda menginginkan bek dengan kontribusi besar dan budget, fokuslah pada jadwal mereka dan tebak kemungkinan clean sheet-nya. Meski Aston Villa sedang on fire, seharusnya peluang CS paling besar ada pada Jamal Lascelles (4.3, NEW, 10). Kemudian, dengan dihukumnya Robert Huth sebanyak 3 pertandingan, kita bisa beralih ke sang kapten Wes Morgan (4.5, LEI, 6) yang tentu termotivasi untuk ikut berangkat ke Prancis di musim panas depan. Pilihan ketiga CS ada pada salah satu dari Angelo Ogbonna atau Winston Reid (4.9 & 4.8, keduanya WHU, 10). Kemudian ada para bek Watford seperti Craig Cathcart dan Nathan Ake (4.6 & 4.4, 6) akan menjalani 2 laga away dan berpikirlah dua kali sebelum menjadikannya pemain anda karena melawan Aston Villa yang merupakan bulan-bulanan tim lain saja, mereka kebobolan 2 gol.

Opsi kedua adalah attacking duties, yang membuat para bek yang akan saya sebutkan ini berharga premium. Jika melihat jadwal, orang pertama yang saya rekomendasikan adalah Aaron Cresswell (5.7, WHU, 10). Hector Bellerin (6.5, ARS, 6) dan salah satu dari Bacary Sagna (5.5), Gael Clichy (5.2), atau Aleksander Kolarov (5.9, MCI, 6) bakal berhadapan. Khusus para bek City, stabilitas pertahanan mereka akan sangat diuji karena sekali lagi di musim ini, komandan mereka Vincent Kompany, harus menepi karena cedera saat melawat ke Bernabeu Selasa lalu. Cederanya Per Mertesacker juga membuat Gabriel (4.3) menjadi opsi budget untuk dipasang sebagai alternatif Bellerin.

Sementara deretan bek berharga mahal dari Everton (5 poin), Chelsea (6), dan Spurs (5) kemungkinan akan jauh dari CS dan sedang sulit memberikan kontribusi lewat gol dan assist – bar gol Leighton Baines (6.0, EVE) GW lalu – anda bisa mengalihkan pandangan anda pada Patrick van Aanholt yang akan menjalani 2 laga home. Bek-bek Liverpool kemungkinan besar akan dirotasi besar-besaran dan hanya menyisakan salah satu dari Alberto Moreno dan Nath Clyne (4.8 & 5.2, 6) akibat kartu merah Brad Smith pekan lalu. Chris Smalling (6.5, MUN, 8) bisa jadi opsi lain karena adanya jadwal kontra Norwich. Namun, harganya tentu membuat anda berpikir ulang.

Midfield

Dua dari tiga nama mahal, Alexis Sanchez (11.1, ARS, 6) & Kevin De Bruyne (10.4, MCI, 6) akan saling berhadapan. Sementara 1 lainnya, Eden Hazard (10.9, CHE, 6) sedang dalam periode terbaik musim ini. Setelah sempat seret dan absen mencetak gol selama 1 tahun, dan ditepikan selama 4 pertandingan beruntun selama periode Maret lalu, Hazard kini mencetak 24 poin dari 2 laga terakhir. Hazard harus meyakinkan Marc Wilmots bahwa ia layak dibawa ke Prancis.

Duo Liverpool Roberto Firmino dan Phil Coutinho (8.3 & 8.2, 6 poin) hanya akan dimainkan 1 kali dari 2 kesempatan laga home. Dimitri Payet (8.5, WHU, 10) telah kembali menjadi mesin assist bagi para rekannya di dua laga terakhir, namun ia masih kalah mentereng dari pencapaian Christian Eriksen (8,6, TOT, 5) yang mencetak 6 assist di 5 pertandingan beruntun!!! He should be one of our players to watch.

Sementara itu, anda bisa mulai mempertimbangkan untuk meninggalkan trio meta Mesut Ozonk ak. Ozil (9.4, ARS, 6), Riyad Mahrez (7.3, LEI, 6), dan Delle Alli (6.0, TOT, 5). Ozil hanya mencetak poin diatas 5 sebanyak 1 dari 10 pertandingan terakhir. Mahrez sedikit lebih baik, dengan 4 dari 10 pertandingan ia mencetak poin diatas 5 namun dengan kepastian juara Leicester City, keseriusannya menjalani sisa laga agak diragukan. Delle Alli sendiri dipastikan absen hingga akhir musim karena insiden pemukulan terhadap Claudio Yacob (WBA).

Dengan 41 poin selama bulan April, Andros Townsend (5.8, NEW, 10) menjadi salah satu budget player yang saya rekomendasikan, bersama kapten West Ham Mark Noble (5.5, 10) yang mencetak 4 gol dari 2 laga terakhir. Budget player lainnya yang harus anda perhatikan adalah Josh King (4.3, BOU, 5) yang akan menjalani laga home melawan WBA. Ada lagi Jonny Howson (4.9, NOR, 10) si pencetak 2 assist di 2 laga kandang terakhir Norwich dan siap melanjutkan tren baiknya di dua laga home beruntun Canaries DGW ini.

Forward

Pilihan striker cukup menarik pekan ini. Dengan fiksasi kepemilikan Harry Kane (10.4, TOT, 5) dan Kun Aguero (13.5, MCI, 6) masing-masing 44% dan 31% oleh para manajer FPL dan kenyataan sebagian besar dari para manajer tersebut memasang mereka bersamaan, anda tentu tinggal menyelesaikan 1 puzzle lagi untuk melengkapi 1 nama dalam daftar 3 nama penyerang anda.

Maka para pemain yang saya rekomendasikan adalah Daniel Sturridge (10.2, LIV, 6), Diego Costa (10.5, CHE, 6), Troy Deeney (5.3, WAT, 6), Jermain Defoe (5.3, SUN, 10), dan Andy Carroll (6.6, WHU, 10). Kelima pemain ini punya jadwal DGW dan kebetulan kesemuanya sedang in-form. Ada satu lagi pemain yang terlibat di DGW ini dan dimiliki oleh 31.4% manajer FPL tapi harus segera anda buang ke tong sampah, ialah Romelu Blankaku (8.7, EVE, 5).

Sturridge baru saja gagal meneruskan tren selalu mencetak gol di 4 pertandingan terakhirnya pekan lalu, tapi itu bukan masalah karena ia mengamuk di semifinal Europa League kontra Villareal dengan 1 gol dan 2 assist. Meski jadwal Liverpool sangat legit, dengan jadwal final Europa League akan dihelat 2 minggu lagi, ia akan jadi korban rotasi Juergen Klopp berikutnya. Diego Costa memang belum kembali rutin mencetak gol pasca-hukuman 4 pertandingan yang menimpanya, namun Chelsea telah mencetak 6 gol di 2 laga terakhir dan berharap Costa menjadi bagian dari gol-gol tersebut selanjutnya bukan hal yang aneh. Lagipula, Costa kemungkinan akan bermain penuh di 2 laga DGW.

Deeney dan Defoe sama-sama mencetak gol pekan lalu, sementara Carroll memberikan 1 assist. Deeney juga mencetak 1 gol saat Watford kalah dari Palace di semifinal FA Cup, namun anda harus benar-benar waspada. Karena sebelum ini, raihan gol Deeney hanya masing-masing 2 di bulan Januari dan 1 di Februari, sebuah catatan yang mengkhawatirkan mengingat Deeney akan menjalani 2 laga away. Defoe memang mencetak 4 gol dari 7 pertandingan terakhirnya, dan menjadi penendang penalty. Namun patut anda perhatikan, raihan gol Defoe di laga home adalah pada 20 Januari lalu saat menjamu tim lemah Aston Villa. Guest what? Dua laga DGW depan Black Cats akan menjalani 2 laga kandang. Silakan tarik sendiri benang merah dari dua kalimat terakhir. Andy Carroll? Perhatikan jadwal ringan Hammers, dan perhatikan catatan 4 pertandingan terakhir pemain termahal Liverpool ini di mana ia tidak pernah absen mberikan kontribusi poin dengan 5 gol dan 1 assist. Dengan harga relative murah, he is strongly recommended. Ia bahkan layak menjadi kandidat kapten anda GW ini.

Pemain non-DGW yang akan saya rekomendasikan untuk posisi penyerang, adalah striker Saints Shane Long (5.7, 6 poin) yang mencetak 3 gol dan 2 assist di 4 laga terakhir.

Jackpot Player

Well, fitur ini saya tambahkan atas rekomendasi salah satu kontributor FPL kami @rofi_ untuk memonitor 1 orang pemain dengan harga kurang dari £5.0M dan dipilih kurang dari 10% manajer FPL. Untuk debut fitur ini, saya akan memberikan 1 nama ini : Ashley Westwood (4.2M, dipilih oleh 0.9% manajer). Jenderal lapangan tengah Villans ini mencetak 2 gol dan 1 assist di 2 laga si juru kunci, justru setelah mereka dipastikan terdegradasi ke Championship. Raihan gol mereka mungkin akan bertambah meski harus menghadapi pertahanan solid Newcastle. Jika gawang Southampton dan Watford yang dijaga Fraser Forster dan Gomes saja bisa dibobol 2 kali, kenapa gawang Carl Darlow tidak?

Advertisements

One thought on “Fantasy Premier League Season 2015/16 – DGW 37 Predictions

  1. Pingback: Si Merah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s