Harry Potter #8 : The Cursed Child? Semua Yang Perlu Kamu Ketahui

harry-potter-and-the-cursed-child-artwork

Bagi kamu para PotterMania, harusnya sudah tidak asing lagi bahwa cerita dari negeri sihir masih akan terus berlanjut. Yep, pasca debut terakhir melawan Penguasa Kegelapan Lord Voldemort dalam Deathly Hallows, kelihatannya petualangan Harry, Ron dan Hermione masih akan terus berlanjut.

Harry Potter and The Cursed Child

Sudah tau cerita The Cursed Child itu sebenarnya apa dan kapan akan direlease pertama kali, serta kemana rencana petualangan mereka?

APAKAH SEQUEL ATAUKAH PREQUEL?

Pada banyak kesempatan, fans bertaya-tanya apakah The Cursed Child sebuah prequel ataukah sebuah sequel. Banyak gosip beredar bahwa The Cursed Child adalah prequel dari cerita Harry Potter jauh sebelum  Edisi Pertama : Harry Potter and The Philosopher’s Stone, tapi J.K Rowling Sendiri, melalui akun twitter-nya langsung menegaskan bahwa The Cursed Child adalah sequel bukan prequel, artinya cerita dalam The Cursed Child melanjutkan dari cerita sebelumnya.

Capture2

J.K. Rowling confirm bahwa The Cursed Child adalah SEQUEL

Jadi, The Cursed Child merupakan kelanjutan cerita saat Harry, Ron, Hermione serta anak-anak lain sudah menjadi dewasa bahkan sudah berkeluarga. Seru kan?

CERITA THE CURSED CHILD BUKANLAH NOVEL

Well, ini dia fakta yang lebih seru. Cerita ke-8 dari Harry Potter bukanlah sebuah novel! Yep, sequel selanjutnya dari Harry Potter ini tidak dibuat dalam bentuk novel, melainkan dalam bentuk sebuah play atau drama yang akan pentas pertama kali tanggal 30 Juli 2016 di Palace Theatre London.

Drama ini sendiri tidak ditulis oleh J.K. Rowling, melainkan oleh Jack Thorne sebagai script writernya, sedangkan Rowling hanya terlibat sebagai co-script writer. Sementara sutradara dari drama The Cursed Child dipegang oleh John Tiffany.

gallery_thorne-rowling-tiffany

J.K Rowling (tengah) bersama Jack Thorne (kiri) dan John Tiffany (kanan)

Drama atau play dari The Cursed Child sendiri direncanakan dibuat dalam 2 (dua) parts, dan publik London sendiri bisa mengatur schedule mereka apakah akan langsung menonton 2 parts sekaligus dalam satu hari, beda hari, atau terpisah dalam hari yang berjauhan.

ticketing-infographic-v2

Infografis rencana tayang The Cursed Child

Berkaitan dengan mengapa cerita The Cursed Child tidak dibuat dalam bentuk novel melainkan dalam sebuah panggung drama, jawaban dari J.K Rowling sendiri adalah sebagai berikut :

I am confident that when audiences see the play they will agree that it was the only proper medium for the story. [Saya percaya bahwa ketika penonton mulai melihat drama tersebut, mereka akan setuju bahwa ini adalah satu-satunya media yang tepat untuk mencampilkan cerita itu].”

Nah, tapi bagi kamu yang tidak bisa berangkat ke London untuk menonton pertunjukan drama tersebut tidak perlu khawatir, karena cerita atau script dari The Cursed Child rencananya juga akan dipublish bersamaan dengan release pertunjukan drama tersebut.

Capture

Untuk di Indonesia sendiri, beberapa toko buku sudah menyediakan fasilitas Pre-Order dimana pengunjung bisa mulai memesan buku tersebut, dengan membayar sejumlah uang muka, kemudian sisanya bisa dilunasi ketika buku tersebut release pada tanggal 31 Juli 2016.

Pengalaman penulis, salah satu toko buku yang menyediakan fasilitas pre-order ini adalah Toko Buku Gunung Agung di Senayan City, dimana buku dibanderol dengan harga IDR 450,000 dengan minimum DP saat pre-order adalah IDR 100,000.

So, bagi kamu yang penasaran dan ingin tahu apa kelanjutan dari cerita Harry Potter bisa langung melakukan pemesanan pre-order di toko buku kesayangan kamu.

PLOT STORY & ACTOR/ACTRESS DARI THE CURSED CHILD

Seperti sudah dikonfirmasi oleh J.K Rowling sendiri, bahwa The Cursed Child merupakan sebuah sequel, dimana merupakan kelanjutan cerita 19 tahun pasca Harry, Ron, dan Hermione berhasil mengalahkan Lord Voldemort.

Setting cerita dalam The Cursed Child sendiri adalah saat dimana Harry, Ron dan Hermione sudah bertransformasi menjadi orang dewasa yang penuh dengan dilema kehidupan bekerja serta berkeluarga. Harry Potter bekerja sebagai Auror (Divisi Elit Anti Black Magic) di Kementrian Sihir, Ronald Weasley bekerja sebagai pemilik sebuah toko, sedangkan Hermione Granger (or Hermione Weasley) bekerja sebagai Kepala Deputi dari Department of Magical Law Enforcement.

Belum jelas siapa yang dimaksud dengan “The Cursed Child” dalam cerita ini, tapi banyak fan beranggapan bahwa yang dimaksud adalah Albus Severus Potter (anak Harry Potter) karena dia tanpa keinginan dirinya sendiri merasa terbebani dengan legacy yang dimiliki oleh orangtuanya, serta nama besar yang disandangnya.

Pertanyaannya, dalam drama yang nanti akan tampil tersebut, bagaimana sosok Harry, Ron dan Hermione, siapa yang akan memerankan mereka?

gallery-1450689187-showbiz-harry-potter-and-the-cursed-child-03

Pemeran The Cursed Child Play (kiri ke kanan) : Noma Dumezweni as Hermione Granger ; Jamie Parker as Harry Potter dan Paul Thornley as Ronald Weasley.

Sedikit mengejutkan karena sosok Hermione justru diperankan oleh aktris kulit hitam, sementara publik dan banyak fan sudah terbiasa dengan sosok Hermione yang diperankan oleh Emma Watson.

Banyak kalangan menilai bahwa sosok Hermione pantas diperankan oleh aktri kulit hitam, mengingat karakter Hermione sendiri di dalam cerita Harry Potter adalah karakter inferior yang sering mengalami tekanan karena dianggap ras tertier di dunia magic (muggle; bukan pure-blood atau bahkan half-blood). Sehingga dengan menampilkan Hermione sebagai karakter berkulit hitam, bisa sekaligus menjadi kampanye anti rasisme, bahwa warna kulit bukan menjadi masalah melainkan kecerdasan, ketekunan, serta semangat yang membuat seseorang bisa menjadi hebat. Well, siapa yang gak mengakui kehebatannya Hermione kan? 😀

Dan J.K. Rowling sendiri memang tidak pernah secara eksplisit menyebutkan bahwa Hermione adalah kulit putih, bahkan melalui akun twitternya dia secara terbuka mengatakan bahwa “..Rowling loves black Hermione“. Wow.

Capture3

Gimana? Sudah cukup update dengan semua informasi tentang cerita ke-8 dari Harry Potter ini?

Bagi kamu para fans sejati Harry Potter, selamat menunggu 31 Juli 2016 demi mengetahui cerita lengkapnya.

Piertotum Locomotor!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s