Preview Belgia vs Irlandia – EURO 2016

Datang sebagai salah satu tim unggulan, bukan merupakan jaminan bagi Belgia untuk dapat “menguasai” Grup E yang diisi negara-negara langganan EURO (bahkan banyak media menyebutkan bahwa Grup E ini merupakan “Grup Neraka”). Belgia memulai dengan hasil buruk, kalah 2 gol tanpa balas oleh tim unggulan lainnya, Italia lewat gol dari Emanuele Giaccherini dan Graziano Pelle. Mungkin saat ini The Red Devils sedang dalam tekanan besar menjelang laga berikutnya, yaitu melawan Republik Irlandia.

Dengan kekalahan Swedia atas Italia di laga kedua grup E (17/06/2016, WIB), mungkin membuat anak asuh Marc Wilmots sedikit terbantu secara mental walaupun tanpa mengurangi tekanan sebagai salah satu negara favorit. Dengan posisinya saat ini yang berada di juru kunci (poin nol), sementara satu tiket lolos langsung sudah dipetik Italia, bukan tidak mungkin laga Sabtu (18/6/2016) malam WIB akan dijadikan Belgia sebagai ajang untuk tampil habis-habisan saat melawan Irlandia di Nouveau Stade de Bordeaux.

Kemenangan akan membawa Hazard cs naik ke peringkat dua dengan empat poin, unggul dari Irlandia dan Swedia yang masih akan punya satu angka. Dan tentunya akan menjaga kans Belgian untuk lolos ke 16 besar tetap besar. Sebaliknya, kegagalan meraih angka penuh akan membuat Belgia semakin tertekan dan terpuruk di dasar klasemen Grup E.

Akan tetapi, sepertinya sang pelatih tak terlalu mengkhawatirkan faktor tekanan, dan dia yakin skuatnya sudah terbiasa dengan hal tersebut.

“Ini bukan soal hidup dan mati. Target kami adalah melakukan yang terbaik. Sepanjang waktu tim-tim berusaha keras memenangi berbagai hal, hasil akhirnya bisa di satu sisi atau sisi lainnya. Itu tidak mengganggu saya dan para pemain saya seluruhnya bermain untuk klub top. Mereka terbiasa dengan tekanan.” Begitulah kira-kira ucapan Wilmots yang penulis petik dari salah satu media.

Di kubu Irlandia, sebenarnya dari sisi kualitas pemain yang dimiliki tim ini tidak bisa dikatakan kalah jauh bila dibandingkan dengan Belgia. Dengan adanya pemain Premier League seperti Seamus Coleman dan James McCarthy (Everton), John O’Shea (Sunderland), Wesley Hoolahan (Norwich), Shane Long (Southampton), dan ditambah pemain senior yang saat bermain untuk LA Galaxy, Robbie Keane, membuat Irlandia diharapkan dapat mengimbangi permainan Belgia dan menjaga kans untuk lolos ke fase berikutnya.

Dalam laga pertama beberapa hari yang lalu, Irlandia mampu membuktikan diri sebagai salah satu pesaing yang patut diwaspadai dengan berhasil menahan imbang Swedia (1-1) dan mampu tampil lebih dominan terutama di babak pertama. Hal ini terbukti dengan data statistic yang berhasil dicatat situs livescore.com, Irlandia berhasil membuat 8 kali percobaan tembakan ke gawang Swedia dengan 4 diantaranya tepat sasaran (dan salah satunya berbuah gol yang dicetak oleh Wesley Hoolahan). Sangat jauh jika dibandingkan dengan lawannya kala itu, Swedia “hanya” berhasil membuat 4 tembakan yang semuanya tidak ada yang mengarah ke gawang. Sang legenda hidup Swedia, Ibrahimovic pun dibuat tidak berkutik kala berhadapan dengan Irlandia.

Tentu hal tersebut akan menjadi alarm untuk Belgia yang diperkuat pemain-pemain bintang papan atas sekelas Kevin de Bruyne, Romelu Lukaku, Eden Hazard, dan pemain lainnya agar dapat tetap waspada dan berhati-hati.

Prediksi penulis, laga ini akan berjalan “agak” tidak seimbang. Belgia tentunya tidak akan bermain dengan santai dan tenang mengingat laga ini bisa menjadi laga hidup mati yang menentukan keberlanjutan The Red Devils di ajang 4 tahunan ini. Mungkin penguasaan bola Belgia saat melawan Italia akan kembali terulang di laga ini, bahkan aksi para jenderal lapangan Belgia yang diperkuat De Bruyne, Hazard dan Fellaini  akan lebih membahayakan gawang Irlandia. Irlandia diprediksi akan mengandalkan serangan balik dengan mengandalkan kecepatan sang striker Shane Long.

Untuk skor sendiri, penulis seperti mendapat feeling bahwa akan terjadi hujan gol di laga ini, minimal 2 gol akan bersarang ke gawang Irlandia.

Dan sebagai penutup, untuk para pemain Euro Fantasy, penulis akan memberikan 1 nama yang diprediksi akan mendulang poin cukup banyak. Pemain tersebut adalah Kevin de Bruyne. Kecepatan dan kecerdikan de Bruyne tentu akan sangat dinantikan para supporter Belgia dalam rangka menjaga asa penghuni peringkat dua FIFA ini untuk lolos ke fase berikutnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s