Preview Portugal vs Austria – EURO 2016

Grup F akan menjalani laga keduanya. Salah satu pertandingan yang ditunggu di Grup F adalah pertandingan antara Portugal melawan Austria. Banyak yang berpendapat bahwa Portugal adalah satu-satunya unggulan yang diprediksi akan lolos ke fase knock out  dengan relative lebih mudah dibandingkan pesaingnya (Austria, Hungaria dan Islandia). Akan tetapi, hasil di laga perdana belum cukup menjadi bukti yang kuat atas dugaan sebagian besar pengamat sepak bola. Portugal dapat ditahan imbang (1-1) oleh “tim semenjana” Islandia.

 

PANIK. Mungkin satu kata itu yang tepat untuk menggambarkan kondisi Portugal saat ini, yang tergambar lewat komentar “sinis” salah satu bintangnya yang juga memperkuat tim bertabur bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo. Kala itu usai pertandingan melawan Islandia, Ronaldo menuduh Islandia hanya ingin main bertahan dan memiliki mentalitas lemah. Hujan kritik pun juga banyak mengarah ke sang pelatih, Fernando Santos.

Ronaldo (dan timnas Portugal) mungkin memang sedang panik saat ini. Dengan hasil imbang di laga awal, membuat posisi Portugal di klasemen bisa dibilang cukup mengkhawatirkan dan membuat Portugal dituntut meraih kemenangan di laga-laga berikutnya. Salah satunya adalah laga melawan Austria yang akan dihelat hari Minggu (19/06/2016) dini hari WIB di Parc des Princes, Paris.

Di atas kertas, Austria adalah tim yang lebih sip dibandingkan Islandia. Hal ini bisa dilihat dari peringkat Austria ada di urutan 10 ranking FIFA (sedangkan Islandia adalah peringkat 34 FIFA). Dari beberapa media, penulis mendapat info bahwa banyak fans Portugal meminta agar Pelatih Portugal, Fernando Santos, mengubah strategi permainan dan komposisi pemain yang diturunkan nanti.

Akan tetapi, Santos tampaknya tak menghiraukan kritikan yang mengarah kepadanya itu. Santos diprediksikan tidak akan membuat banyak perubahan saat Portugal menghadapi Austria. Formasi diamond 4-4-2 tampaknya akan tetap dipertahankan kala menghadapi Austria. Meskipun tim berjuluk Seleccao das Quinas ini tengah membutuhkan kemenangan di laga kedua Grup F ini.

“Tidak akan ada perubahan besar-besaran. Dalam turnamen seperti ini wajar kalau ada perubahan dalam pertandingan kedua karena harus ada penyegaran dalam tim,” kata Santos seperti dikutip Reuters.

Kemenangan di laga ini pastinya akan membawa Ronaldo cs menambah pundi-pundi poinnya menjadi empat, dan akan menjaga kans Portugal untuk lolos ke 16 besar tetap besar. Sebaliknya, kegagalan meraih angka penuh akan membuat Portugal semakin panik dan memperkecil peluang lolos ke fase berikutnya.

Di kubu Austria, status underdog yang disandangnya pasti tak membuat gentar menghadapi Portugal. Kekalahan 0-2 dari Hongaria di laga pertama membuat Austria menghadapi tugas berat melawan Portugal. Berbekal kisah indah Austria saat fase kualifikasi yang tampil impresif dengan mencetak 9 kemenangan dan 1 hasil imbang, Austria menyimpan asa untuk mencuri poin dari Ronaldo cs dan menjaga peluang lolos dari fase grup..

Membicarakan Austria, penulis teringat pada salah satu pemainnya yang menjadi salah satu pelaku sejarah juara Premiere League musim 2015/2016, Leicester City. Pemain itu adalah Christian Fuchs. Prediksi penulis dengan melihat posisi Portugal saat ini, bisa dipastikan akan membuat Seleccao termotivasi untuk “mengepung” lawannya dan menguasai permainan. Dan mungkin Fuchs akan membagi kisahnya di Leicester untuk menyemangati rekan-rekannya dan membuat sang pelatih Marcel Koller akan menerapkan strategi serangan balik dan mengandalkan David Alaba dan Marko Arnautovic sebagai motornya untuk menjalankan misinya tersebut.

Dan seperti biasa, di bagian akhir artikel ini akan ditujukan untuk para pemain Euro Fantasy, penulis akan memberikan 1 nama yang diprediksi akan mendulang poin cukup banyak. Pemain tersebut adalah Ricardo Quaresma. Walaupun di laga awal saat melawan Islandia hanya tampil sejak menit ke-76, di laga kali ini penulis memprediksi bahwa Quaresma akan dimainkan sejak menit awal dan akan membantu timnya mendapatkan hasil maksimal untuk mengantarkan Portugal melaju ke fase berikutnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s