Preview Matchday 3 – Euro 2016

Dua pertandingan di masing-masing grup telah usai dilalui. Setiap tim sudah melakukan upaya terbaiknya untuk bertahan dan melaju sejauh mungkin di kompetisi sepakbola terakbar di Benua Biru bernama UEFA EURO Cup (Piala Eropa) ini. Dalam artikel kali ini hanya akan membahas sekilas mengenai tingkat kemungkinan tim yang akan lolos ke fase berikutnya, dengan melihat hasil pertandingan yang telah dijalani dan yang akan dilalui di pertandingan terakhir babak kualifikasi grup.

Sudah diketahui bersama bahwa ini adalah kali pertama sepanjang sejarah Piala Eropa, putaran final diikuti oleh 24 negara. Penambahan jumlah kontestan ini tentu saja membuat format kompetisi juga mengalami perubahan. Jika pada 1996 sampai 2012 babak fase grup meliputi 4 grup yang masing-masing diisi 4 tim, maka di gelaran tahun 2016 ini ada 6 grup yang diisi oleh 4 tim. Nantinya selain para juara grup dan runner up (yang total berjumlah 12), akan lolos juga ke fase knock out 4 tim sebagai penghuni posisi 3 terbaik.

Sampai dengan saat ini baru ada 3 tim yang sudah memastikan diri melaju ke babak 16 besar, yaitu tuan rumah Perancis (Grup A), Spanyol (Grup D) dan Italia (Grup E). Selain itu, baru 1 tim yang sudah dipastikan pulang lebih awal walaupun masih ada 1 pertandingan tersisa di fase grup dan tim tersebut adalah Ukraina (Grup C) yang kalah berturut-turut dari Jerman dan Irlandia Utara dengan skor sama, 2-0.

Grup A

A

Satu tim sudah dipastikan lolos ke babak berikutnya, yaitu sang tuan rumah Perancis yang berhasil mengantongi 6 poin hasil kemenangan atas Rumania (2-1) dan Albania (2-0). Praktis tinggal tersisa 1 tiket lagi yang dapat langsung mengantarkan masuk ke babak 16 besar dan 1 tiket tambahan jika peringkat 3 merupakan salah satu dari 4 tim peringkat 3 terbaik.

Secara matematis, runner up grup A hanya bisa diperebutkan oleh Swiss dan Rumania, sedangkan Albania hanya punya berkesempatan untuk merebut peringkat 3 (yang bisa jadi akan mengantarkannya menuju babak 16 besar).

Di pertandingan terakhir fase grup, Swiss akan menjajal kekuatan tuan rumah sekaligus berkesempatan merebut pucuk klasemen. Tapi hal itu pasti akan sangat sulit mengingat calon lawannya adalah sang tuan rumah turnamen. Sebenarnya hasil seri sudah cukup mengamankan Perancis tetap berdiri kokoh di peringkat 1, tetapi faktor tuan rumah tentu akan membuat Perancis berusaha menampilkan yang terbaik di depan pendukungnya sendiri.

Sedangkan pertandingan lainnya di Grup A bisa dikatakan sebagai ajang perebutan peringkat 3 antara Albania dan Rumania (walaupun masih dimungkinkan bagi Rumania menduduki peringkat 2, dengan syarat Swiss kalah dari Perancis dan Rumania menang atas Albania dengan skor minimal selisih 2). Sekali lagi, perubahan format turnamen edisi EURO 2016 ini membuat peringkat 3 grup menjadi sangat berharga karena dapat menimbulkan secercah harapan untuk bisa melaju ke babak berikutnya. Sehingga pertandingan ini akan cukup menggairahkan dan menarik untuk dinantikan.

Grup B

B

Bagi penulis, Grup B ini merupakan grup “terheboh” untuk diikuti. Berawal dari kejutan bahwa Inggris dibuat tidak bisa berbuat banyak saat ditahan imbang 1-1 oleh Rusia dan kemudian diikuti kemenangan Slovakia atas Rusia, membuat belum ada satu pun yang memastikan diri melaju ke babak 16 besar sampai dengan saat ini dan semua tim masih berkesempatan mengambil tiket lolos ke fase berikutnya tersebut.

Slovakia akan menguji ketangguhan tim “Tiga Singa” apakah layak untuk melaju ke babak 16 besar atau tidak. Secara matematis, Inggris hanya membutuhkan hasil imbang saja untuk memastikan diri bahwa mereka memang layak melaju ke babak berikutnya. Akan tetapi jika Inggris kalah, maka kelolosan Inggris akan sangat ditentukan oleh laga Wales melawan Rusia dan mungkin juga ditentukan berdasarkan kondisi peringkat 3 di grup yang lainnya.

Sudah tentu bukan menjadi hal yang mudah bagi Inggris untuk sekedar menahan imbang (bahkan sampai menang) setelah melihat permainan Slovakia saat melawan Rusia. Jika penampilan Slovakia dapat konsisten, maka bukan tidak mungkin Inggris akan menuggu nasibnya sampai dengan selesainya pertandingan di grup F.

Di waktu yang bersamaan dengan laga Inggris, dilangsungkan juga laga antara Wales melawan Rusia. Kedua tim wajib menang apabila ingin menjaga asa melaju ke babak knock out. Bale cs tentu akan berupaya semaksimal mungkin untuk menciptakan sejarah bagi negaranya dengan meloloskan Wales ke fase berikutnya.

Grup C

C

Secara matematis, hanya tinggal 3 tim yang berpeluang melaju ke babak berikutnya. Dengan kekalahan mengejutkan Ukraina dari Irlandia Utara, menjadi tanda akhir perjalanan Ukraina di pentas EURO 2016 ini. Akan tetapi, untuk menjaga harga dirinya maka di pertandingan terakhir fase grup ini malah bisa membuat Ukraina akan tampil lepas dan bakal merepotkan calon lawannya, Polandia, yang sedang berusaha untuk setidaknya mempertahankan posisinya saat ini sebagai runner up Grup C.

Di pertandingan lain, di atas kertas Jerman jelas sangat diunggulkan jika dibandingkan dengan Irlandia Utara. Dilihat dari materi pemain juga akan menunjukkan kualitas juara dunia tahun 2014 tersebut jauh di atas pemain lawannya . Penulis memprediksikan bahwa laga akan berjalan mudah bagi Jerman, dan di laga inilah kemungkinan para penyerang tim penghuni peringkat 4 FIFA tersebut untuk unjuk gigi setelah 2 laga sebelumnya kurang bertaji.

Grup D

D

Kondisi grup D mirip dengan grup A. Satu tiket babak 16 besar sudah dipastikan menjadi milik sang juara bertahan EURO, Spanyol, dan tiket yang tersisa akan diperebutkan oleh Kroasia, Ceko dan Turki.

Secara matematis, runner up grup D hanya bisa diperebutkan oleh Kroasia dan Ceko, sedangkan Turki hanya punya berkesempatan untuk merebut peringkat 3 (yang bisa jadi akan mengantarkannya menuju babak 16 besar).

Di pertandingan terakhir grup D ini, Kroasia akan bertemu Spanyol dan berkesempatan merebut pucuk klasemen (apabila berhasil menang). Laga ini praktis akan menjadi sangat sulit untuk diprediksikan mengingat posisi Spanyol saat ini yang sudah dipastikan lolos ke babak berikutnya. Vicente del Bosque selaku pelatih Spanyol bisa saja melakukan rotasi pemain untuk menjaga kebugaran pemainnya menghadapi babak 16 besar. Tapi hal ini bukan serta merta membuat Kroasia akan dengan mudah mengalahkan sang juara bertahan mengingat kualitas pemain cadangan Spanyol tidak kalah jauh dibandingkan pemain intinya (yang sudah bermain di 2 laga awal). Hasil seri pun sudah cukup untuk mengamankan Spanyol tetap berada di pucuk klasemen grup.

Di pertandingan lainnya, bisa dikatakan menjadi ajang perebutan peringkat 3 antara Turki dan Ceko (tapi Ceko masih mungkin merebut peringkat 2, dengan syarat Ceko mampu menang dengan skor minimal selisih 2 dan di laga lainnya Kroasia kalah dari Spanyol). Dengan adanya perubahan format turnamen di edisi EURO 2016 ini, maka peringkat 3 grup akan menjadi sangat berharga. Untuk alasan itulah, bisa saja Turki akan tampil “ngotot” demi meraih secercah harapan untuk bisa melaju ke babak berikutnya (melalui peringkat 3 terbaik).

Grup E

E

Grup neraka ini telah memunculkan 1 tim untuk melaju ke babak berikutnya. Antonio Conte dinilai telah berhasil membungkam publik yang mempertanyakan keputusannya dalam “merekrut” pemainnya yang dibawa ke Perancis. Dengan dua kemenangan yang diraih dari Belgia (2-0) dan Swedia (1-0), Italia sudah dipastikan menggenggam tiket ke babak 16 besar.

Di laga terakhir grup E, apapun hasil yang akan diraih Italia dinilai tidak akan berpengaruh pada posisi Italia di klasemen akhir. Italia sudah berhasil mengunci peringkat 1 grup E karena unggul head-to-head dengan Belgia, satu-satunya tim yang masih berpeluang menyamai poin Italia di grup ini. Dan lawan yang akan dihadapi kali ini adalah Republik Irlandia yang saat ini berada di peringkat 4 dengan poin 1. Bisa jadi laga ini akan dijadikan Conte sebagai ujian bagi para pemain pelapis untuk main sejak menit awal pertandingan. Di sisi lain, Irlandia wajib menang jika ingin memperbesar peluang mereka untuk melaju ke babak selanjutnya. Hasil imbang akan membuat Irlandia menggantungkan nasibnya pada hasil dari pertandingan antara Belgia dan Swedia (dan juga harus menunggu hasil akhir di grup F).

Belgia yang dijadikan unggulan pertama grup E, dipaksa harus menunggu hingga pertandingan terakhirnya di fase grup. Dapat dipastikan bahwa de Bruyne cs akan tampil habis-habisan demi mengunci tiket menuju babak 16 besar. Dan yang menjadi lawan berikutnya adalah Swedia yang saat ini baru mengantongi 1 poin dan wajib menang jika masih ingin melaju ke babak berikutnya. Menilik permainan Swedia di 2 laga sebelumnya, sepertinya Belgia akan dapat menguasai pertandingan dan memenangi laga ini.

Grup F

F

Laga terakhir grup ini bisa dibilang sebagai laga “final” untuk masing-masing tim, yang akan menentukan siapa yang layak lolos ke babak 16 besar. Portugal akan menjalani “final” melawan pemimpin klasemen sementara saat ini, Hungaria sedangkan Austria akan mencoba peruntungannya melawan tim kejutan Islandia.

Keberadaan Portugal sebagai unggulan ternyata tidak menjadikan tim tersebut dapat lolos dengan mudah seperti yang sudah diprediksi sebagian besar pecinta sepakbola. Bahkan di luar dugaan Portugal berada pada posisi yang membahayakan dan terancam tidak lolos ke babak berikutnya. Hanya mengoleksi 2 poin dari 2 pertandingan dan hanya mencetak 1 gol jelas tidak menunjukkan kualitas pemain yang dimiliki tim berjuluk Seleccao ini.

Dilihat dari posisi saat ini, memang tim yang relatif paling aman adalah Hungaria. Jika kalah melawan Portugal pun masih akan meloloskan mereka ke babak 16 besar dengan syarat Austria menang melawan Islandia. Dan jika Austria kalah pun, Hungaria masih berpeluang lolos sebagai peringkat 3 terbaik. Tapi tentu Hungaria tidak akan menggantungkan nasibnya pada tim lain, sehingga Portugal patut waspada dan segera berbenah jika ingin tetap melanjutkan kiprahnya di EURO 2016 ini.

Kondisi berbeda akan dialami Austria. Jika masih ingin melaju, pemilik peringkat 10 FIFA saat ini wajib menang kala melawan Islandia dan berharap terbantu dengan performa Hungaria ketika melawan Portugal (jika Austria menang dan Hungaria minimal menuai hasil imbang, maka Austria yang akan lolos sebagai runner up grup). Atau jika Hungaria kalah, Austria masih berpeluang lolos jika terbantu hasil di grup lain. Hasil imbang sudah positif akan mengantarkan kepulangan Austria dari Perancis.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s