FPL – Building Team Concept and Strategy

Sudah seminggu sejak diingatkan rekan saya sekaligus chief editor Pecca Pundit (@pecca_pundit), Oddie (@alfakemalmp) untuk segera menyelesaikan artikel penentuan konsep tim untuk FPL 16/17, tetapi dengan kesibukan pekerjaan dan kekhilafan yang berlarut-larut (tiba-tiba ingin nonton anime Cardfight!! Vanguard sampai tamat Season 4, hehe..), akhirnya ada waktu juga untuk merilis artikel ini.

Nah, tanpa basa basi lagi, bagaimana cara membangun tim FPL yang tetap akan sustain sampai akhir musim, atau setidaknya beberapa Gameweek sebelum Wildcard aktif?

Yup, kami dari @pecca_pundit (don’t forget to follow us!) memiliki tips singkat yang kami rangkum dari berbagai situs dan akun twitter dan ide kami sendiri tentang bagaimana mulai membangun tim FPL. Check it out!

  1. Mulailah dengan memilih kiper

”Attack wins you games, defence wins you titles.” (Sir Alex Ferguson)

Yup, seorang manajer legendaris mengakui bahwa pertahanan yang bagus lah yang akan membuat sebuah tim menjadi juara. Dan pertahanan identik dengan kiper! Memilih kiper dengan tepat akan membawa tim kita menjadi juara, termasuk dalam game FPL sekalipun. Sebuah cleansheet (60 menit atau lebih), bagi para kiper (dan juga defender) akan menghasilkan poin +4 yang setara dengan 1 goal oleh penyerang. Ditambah adanya bonus poin yang menanti dan bonus dari saves, apa lagi saat skor 0-0, poin kiper akan mampu mencapai digit 2. Sebagai gambaran Fraser Forster musim kemarin mampu meraih 12 poin saat Southampton menahan imbang Arsenal 0-0 di Emirates, hasil dari 2 poin played 90 mins, 4 poin cleansheet, 3 bonus poin, dan 3 saves poin. Kiper ketiga Newcastle, Karl Darlow mampu meraih 15 poin saat mampu menjaga gawangnya cleansheet dan menahan sebuah tendangan penalti (+6 poin!!!). Jadi apakah kita akan mengesampingkan pemilihan kiper tim FPL kita? Well, sebelum kita menentukan siapa yang akan kita pilih sebagai pasangan kiper di tim kita, mari kita lihat klasifikasi kiper di FPL.

001

(source: http://www.fplacademy.com/2016/pick-a-winning-goalkeeper-strategy/)

₤5.5m GK → Gold → kiper utama tim papan atas

₤5.0m GK → Silver → kiper utama tim papan tengah ke atas atau kiper cadangan tim papan atas

₤4.5m GK →Bronze → kiper utama tim papan tengah ke bawah atau kiper cadangan timpapan tengah ke atas, pilihan potensial ada pada kiper ketiga timnas Inggris Tom Heaton (Burnley)

₤4.0m GK →Bench → kiper yang potensial jadi cadangan, perkecualian di musim ini ada Jakupovic (Hull City) yang mungkin akan menjadi kiper utama dengan harga murah (pilihan favorit FPL manajer sebagai no 3 kiper dengan %selected terbanyak 12.9% per 10 Agustus 2016)

Jadi hal yang perlu diperhatikan, akan jadi seperti apa pairing GK kita?? Situs fplacademy.com memberikan pilihan pairing beserta keuntungan dan kerugiannya.

Opsi Keuntungan Kerugian
24 Carat (₤5.5m+₤5.5m) + dua kiper premium

+ dapat dirotasi

+ ada cadangan saat salah satu cedera

– ₤3.0m lebih boros dari pairing terhemat

– mungkin kehilangan poin di bench

– bonus save poin bakal jarang didapat

Wasted Equity (₤5.5m+5.0m) + hemat budget ₤0.5m

+ premium kiper, potensi cleansheet besar

+ ada cadangan saat salah satu cedera

+ dapat dirotasi

– ₤2.5m lebih boros dari pairing terhemat

– sangat mungkin kehilangan poin di bench

– susah untuk memutuskan mencadangkan ‘gold’ GK

– bonus save poin bakal jarang didapat

Gold Standard (₤5.5m+4.0m) + hemat budget ₤1.5m

+ premium kiper, potensi cleansheet besar

+ kemungkinan kecil kehilangan poin di bench

– ₤1.5m lebih boros dari pairing terhemat

– tak ada opsi rotasi

– tak ada cadangan saat salah satu cedera

– bonus save poin bakal jarang didapat

Expensive Rotation (₤5.0m+5.0m) + hemat budget ₤1.0m

+ ada cadangan saat salah satu cedera

+ dapat dirotasi

+ potensi dapat saves points

+ kiper dari tim dengan rekor mencetak gol yang baik

– ₤2.0m lebih boros dari pairing terhemat

– susah memprediksi kiper mana yang akan cleansheet

– sangat mungkin kehilangan poin di bench

Problematic Rotation (₤5.0m+4.5m) + hemat budget ₤1.5m

+ ada cadangan saat salah satu cedera

+ potensi dapat saves points

– ₤0.5m lebih boros dari pairing terhemat

– susah untuk memutuskan mencadangkan ‘silver’ GK

– sangat mungkin kehilangan poin di bench

Silver Bullet (₤5.0m+4.0m) + hemat budget ₤2.0m

+ satu kiper dari tim yang lebih baik

+ potensi dapat saves points

– ₤1.0m lebih boros dari pairing terhemat

– tak ada opsi rotasi

– tak ada cadangan saat salah satu cedera

Reliable Bronze (₤4.5m+4.5m) + hemat budget ₤2.0m

+ ada cadangan saat salah satu cedera

+ dapat dirotasi

+ potensi dapat saves points

– ₤1m lebih boros dari pairing terhemat

– kemungkinan hanya tersedia untuk tim papan bawah

– mungkin kehilangan poin di bench

The Understudy (₤4.5m+4.0m) + hemat budget ₤2.5m

+ ada cadangan saat salah satu cedera

+ potensi dapat saves points

– ₤0.5m lebih boros dari pairing terhemat

– tak ada opsi rotasi

– hanya untuk tim papan bawah

Bench Burns (₤4.0m+₤4.0m) + hemat budget ₤3.0m

 

– tak ada jaminan starter

– tak ada cadangan saat salah satu cedera

– hanya ada di tim papan bawah

Masih ada satu opsi lagi, yaitu (₤5.5m+₤4.5m) yang menurut kami akan cukup menarik karena opsi ini mirip dengan opsi Wasted Equity yang lebih murah dan sangat berpotensi untuk menerapkan strategi rotasi kiper.

Nah, mau pilih yang mana Fantasy Manager?

2. Pilihlah para pemain subs

Ada yang aneh dengan kalimat di atas? Sebelum menjawab, pernah merasa menyesal ketika para pemain subs dapat poin besar pas para line up ngeflop? Well, memang benar langkah berikutnya setelah kiper adalah memilih 4 pemain yang akan ditaruh di bangku cadangan!

“BUTUH KEBIJAKSANAAN TINGKAT TINGGI UNTUK MENENTUKAN PEMAIN SUBS”

Hal pertama yang harus kita pikirkan dengan matang, akan jadi seperti apa 4 pemain subs tim Anda?? Secara simple ada 2 opsi yang dapat dipilih.

a. Isi pemain subs dengan pemain yang hampir paling murah di posisinya.

Contoh Anda mantap memasang formasi sejuta umat 3-4-3, maka subs Anda akan terdiri dari 1 kiper, 2 bek, 1 gelandang. Belilah kiper dan bek seharga ₤4.0m dan gelandang seharga ₤4.5m, maka Anda akan memiliki sisa budget ₤100m-(3x₤4.0m)- ₤4.5m = ₤83.5m yang dapat digunakan untuk menyusun 11 pemain line up andalan. Terasa menggoda bukan? Memiliki Aguero (₤13.0m), Ibrahimovic (₤11.5m), dan Kane (₤11.0m) sekaligus bukanlah impian.

TAPI INGAT! setiap keputusan yang dibuat selalu melahirkan sisi kontradiktif. Apa yang bisa Anda dapat dari kiper/bek seharga ₤4.0m dan gelandang seharga ₤4.5m? Seorang pemain yang akan menjadi penghangat bangku cadangan ataupun gelandang bertahan yang jarang menghasilkan goal/assist. Anggaplah 11 line up Anda bermain pada gameweek ini dan 4 subs Anda tidak ada yang bermain. Sekali lagi mari kita lihat untung ruginya. Anda akan beruntung karena tidak akan menyesal karena nilai pemain subs sangatlah minim, istilah Jawa-nya “ra bakal gelo”. Tapi apa yang terjadi jika pada gameweek tersebut ada 1 dari 11 line up Anda cedera atau kena rotasi? Tak ada back up! Bisa jadi pada gameweek tersebut poin Anda hanya berasal dari 9-10 pemain atau bahkan kurang. Strategi ini akan sangat menguntungkan jika Anda jeli melihat potensi pemain yang akan ditaruh di subs, pastikan memilih pemain murah dengan potensi poin cukup besar. Terus melakukan riset dengan men-scout pemain-pemain potensial layak dilakukan. Butuh contoh manajer yang sukses dengan strategi ini? Silakan mampir di artikel terdahulu kami yang membahas taktik juara FPL 2015/2017 berikut (thanks untuk pak Editor yang telah meng-upload artikel saya, hehehe..)

https://pecca.id/2016/06/03/simple-things-we-can-learn-from-fantasy-premier-league-201516-champion/

b. Strategi shifting.

Seperti dilansir dari situs berikut,

http://www.fantasyfootballscout.co.uk/2016/07/04/201617-fixture-analysis-a-guide-to-rotation/

Strategi ini muncul sebagai solusi paten permasalahan klasik “tak ada pemain yang bakal on fire terus-menerus”. Nah, bagaimana mengatur kapan pemain subs akan naik kelas menjadi pemain line up? Pada strategi ini akan difokuskan adanya rotasi “pemain bertahan” di tim. Dengan asumsi tim yang bermain home  akan memiliki potensi cleansheet yang tinggi, maka sebisa mungkin pada gameweek itu kiper dan bek line up kita sedang bermain home. Atau jika terlalu riskan dengan rotasi kiper, kita dapat menggantinya dengan rotasi 4 bek + 2 gelandang. Bagaimana mengaturnya? Situs di atas (fantasyfootballscout.co.uk) telah merilis strategi “shifting” di mana ke-20 tim di EPL akan dipasangkan satu sama lain, misal Arsenal dan Spurs, di mana ketika pada gameweek itu, salah satu tim hampir pasti akan berlawanan statusnya dengan tim pasangannya, satu akan bertanding home dan pasangannya bermain away. Pairing-nya? Check this out!

002.jpg

(source: http://www.fantasyfootballscout.co.uk/2016/07/04/201617-fixture-analysis-a-guide-to-rotation/)

Nah, untuk mempermudah pilihan pemain yang akan di-rotasi kami telah menyusun jadwal lengkap berdasarkan pairing tersebut, pastikan cek “fixture difficulty” tiap tim saat memilih pemain. Dan juga jangan terpaku mengambil pasangan sesuai pasangannya.. Bingung? Hehe.. Misal memilih pemain Bournemoth untuk dirotasi, nah pasangannya untuk rotasi belum tentu Watford (sebagai pasangan Bournemoth), tetapi dapat mengambil pemain Watford. Yang penting adalah pemain yang akan dirotasi tersebut memiliki fixture yang berlawanan, satu home dan satu away. Dan juga tentukan apakah akan seluruh 4 pemain di subs akan dirotasi atau kurang dari 4. Sekali lagi, semua tergantung kebijaksanaan sang manajer.

003.jpg

Nah, di balik keuntungannya, strategi ini memilki kekurangan yang mungkin bakal membuat para manajernya “gelo” a.k.a. kecewa. Ada potensi besar para subs akan menyumbang poin besar yang tidak masuk ke poin tim. Dan juga dengan sudut pandang budget, strategi ini akan cukup menguras budget karena pemain subs kita tidak boleh asal pilih pemain murah, harus dipastikan sang subs adalah pemain inti di klubnya. Hal ini akan menjadi boomerang dengan tidak leluasa mengambil pemain-pemain mahal.

Nah, sudah ada 2 pilihan strategi menentukan pemain subs, fantasy manager akan pilih yang mana? Goodluck!

(Penulis adalah kontributor @pecca_pundit yang juga merupakan seorang Juventini yang juga fans dari Dennis Bergkamp semasa masih di Arsenal, mulai bermain dan mengikuti perkembangan Fantasy Premier League mulai musim 2015/2016 ini. Dapat dikontak di account twitter @dj_occho dan menjadi fantasy manager tim RNS CF di FPL 2016/2017)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s