Intro : Fantasy Premier League 2016/17

image intro.jpg

Prolog

Indonesia adalah negara yang unik. Di sini, segalanya bisa menjadi booming dengan sangat cepat. Sehari-hari, Anda bisa menemui deretan world wide trending topic yang berasal dari negara yang saya cintai ini. Segala hal tentang olahraga, kriminal, politik, perfilman, atau mereka yang out of nowhere, dari bukan siapa-siapa menjadi celebrity man dalam hitungan detik di sini. Pun begitu dengan games. Semua tahu virus Pokemon Go, yang menjangkiti hampir seantero bumi, juga telah menulari Indonesia. Bagaimana game berbasis Augmented Reality (AR) ini membawa mereka yang selama ini di rumah, mati gaya, kehilangan gairah, malas bergerak (mager), yang perlu cara killing time yang sedikit berbeda, akan mendapatinya pada permainan menangkap monster-monster favorit di masa kanak-kanak lalu (I’m talking about us, 90’s) sambil sedikit menggerakkan kaki, “sambil menyehatkan badan”, katanya.

Namun kita semua tahu, ada sisi berbahaya dari setiap hal, jika dilakukan secara berlebihan. Termasuk Pokemon Go, yang membawa anda pada situasi tersebut jika memainkannya di jalan raya tanpa memperhatikan lingkungan sekitar. Pokemon Go bahkan mulai dilarang untuk dimainkan oleh banyak kantor dan perusahaan, dan membuat para pejabat pemerintahan pun ikut turun gunung ramai-ramai memberikan himbauan yang juga kita temui jika kita melakukan ­log-in di game yang ironisnya belum officially dirilis di Indonesia tersebut, “remember to be alert at all times, stay aware of your surroundings.”

Rakyat Indonesia membutuhkan alternatif, yang lebih safe, yang berbasis reality, yang memberikan fantasy, namun majemuk dimainkan oleh banyak orang. Inilah saatnya kita kembali ke Fantasy Premier League (FPL)!!!!

Analisa Singkat

Well, sebelum memulai musim 2016/2017 FPL mari kita sedikit flashback kondisi musim kemarin. Hampir semua pemain yang bersinar di musim 2015/16 lalu mengalami inflasi harga yang cukup signifikan. Jamie Vardy misalnya, yang kini berharga 10.0 dari sebelumnya ada di kisaran harga 7.7 pada akhir musim. Pun demikian dengan Delle Alli yang musim lalu sempat memulai liga pada kisaran harga 5.0 kini bertengger sejajar dengan harga rekan setimnya Christian Eriksen (8.5). Bahkan lebih gila lagi adalah harga Odion Ighalo yang kini mencapai 7.5, wow! (mungkinkah ini penyebab Daniel Sturridge dihargai hingga mencapai 10.5?). Musim lalu para pemain yang terhitung “bargain” seperti ketiganya, karena berharga murah dan berkontribusi besar, dapat dinyatakan HILANG dari peredaran, sehingga Anda harus memulai lagi dari awal pencarian pemain “bargain”. Nah, bagaimana cara terbaik untuk mencari sang “bargain players” tersebut?

  1. Kumpulkan Informasi Sebanyak Mungkin

Kecuali Anda memang pengamat bola yang berdedikasi penuh setiap detiknya, Anda akan membutuhkan bantuan dari mereka yang berprofesi itu untuk membangun tim fantasi Anda. Banyak situs yang bisa Anda jadikan referensi. Berikut recommended web sebagai referensi.

  • fantasyfootballfirst.co.uk
  • fantasyfootballpundits.com
  • fantasypremierleaguehints.blogspot.co.id

atau jika Anda pemilik akun twitter bisa follow akun seperti berikut ini.

  • @FPLCoach
  • @_FPLTips
  • @FPLSWOT
  • @pecca_pundit (narsis!)

Situs-situs tersebut mampu mengakomodasi kebutuhan Anda akan data-data yang telah ter-compile dan terstruktur, sehingga benang ruwet tentang “saya harus bagaimana memulainya” dapat segera terurai.

  1. Ikuti Pre-season Matches

Nah, dengan bantuan banyak referensi seperti di atas tadi, buatlah player to watch’s draft kemudian lakukan pengamatan tentang bagaimana performanya selama pre-season. Anda akan sangat-sangat membutuhkan hal ini karena mulai dari United, City, Southampton, Everton, hingga Hull City melakukan pergantian manajer, yang tentu berdampak pada pemilihan formasi dan rancangan starting 11.

Dari pre-season match ini Anda akan dapat melihat kelayakan memasang Mkhitaryan (9.5) daripada Kevin De Bruyne (10.5) atau Eden Hazard (10.0), misalnya. Andapun bisamengetahui rencana Ronald Koeman memasang Gerard Deulefou sebagai false 9 sehingga memasukkan pemain yang dalam FPL tercantum sebagai gelandang ini pun tampak legit untuk masuk dalam rencana Anda. Anda juga akan dapat melihat betapa tidak layaknya memasang seorang Havard Nortveidt (5.0) yang terdaftar sebagai gelandang tetapi aktualnya bermain sebagai bek (seperti Daley Blind musim lalu).

Tenang, Anda belum terlambat untuk mengikuti highlights pertandingan persahabatan di berita olahraga di televisi kok! Karena masih ada  beberapa jam lagi hingga EPL (dan FPL) untuk kick starts!

hqdefaultMungkin scoreline ini bisa jadi referensi?

  1. Perhatikan Jadwal

Sefanatis apapun Anda akan tim kesayangan, atau sefavorit apapun Anda mendukung pemain idola, jika bermain FPL, Anda harus berusaha untuk sedikit lebih realistis. Lihat jadwal si pemain. Lupakan sejenak rivalitas. Seorang fantasy manager merangkap Citizen, Gunners, atau Liverpudlian akan tetap melirik jadwal Manchester United (yang lagi hobi pamer kekayaan lewat transfer) di 6 GW awal lebih baik daripada City, Arsenal, ataupun Liverpool. Konsekuensinya Ibrahimovic sedikit lebih layak dipilih daripada Aguero. Saat Anda dibingungkan memilih kiper utama, lihatlah jadwal dan Anda akan melihat Hugo Lloris dan Tottenham adalah tim besar dengan jadwal paling legit, karena baru akan menghadapi jadwal berat setelah GW-11 kontra Arsenal. Jika Anda akan berinvestasi kepada para pemain Southampton, pikirkan dampak pergantian manajer ke Claude Puel dan pastikan Anda menyadari bahwa Saints akan melawan United, Arsenal, West Ham, Leicester, dan City di 5 laga away pertama mereka.

First 6 GW.jpegJadwal 6 GW Pertama (Source : fantasyfootballfirst.co.uk)

So? Mempertimbangkan jadwal sangat penting! Dari sana Anda akan tahu seberapa layak uang 100.0 Anda diinvestasikan. Seperti Southampton yang saya sebutkan diatas, tim-tim yang membuat impresi oke di musim lalu seperti Watford, West Ham, atau Bournemouth akan menghadapi jadwal yang berat. Watford yang paling ekstrem, setelah away ke Saints, mereka akan menjalani laga home beruntun kontra Chelsea dan Arsenal, away ke tim London lainnya West Ham, lalu menutup 5 laga pertama mereka dengan menjamu United. Still fancy to take Gomes or Ighalo, mate?

Dari jadwal pula, selayaknya businessman, Anda akan lebih memilih untuk berbisnis dengan tim besar dengan jadwal berat seperti Arsenal, atau United dan City yang punya jadwal mentereng tapi dengan manajer baru masih perlu meraba siapa protagonista dari para pemain premiumnya. Mana yang akan Anda pilih? Rasa sayang ke klub favorit? Rasa sayang ke pemain favorit (atau mantan)? Atau buang semuanya demi tujuan menjadi juara FPL?

  1. Tentukan Konsep Tim (balanced, goal scoring routine, clean sheet minded)

Akhirnya kita tiba di bagian yang paling sulit. Kenyataan dibanjirinya EPL oleh para bintang musim ini, termasuk yang paling gres adalah kedatangan Leroy Sane dari Bundesliga, akan membuat pilihan pemain lebih rumit dari musim sebelumnya. Sementara para pemain meta musim lalu pun seperti sudah kita bahas di awal, sudah mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan. Hal ini tentu akan memaksa Anda untuk melek sejenak melihat performa para ex-bintang Championship dengan kisaran harga 4.0 – 5.0 untuk mengimbangi para pemain bintang yang Anda daftarkan ketim Anda.

Tentu menyenangkan memiliki Aguero, Ibrahimovic, dan Romelu Lukaku sekaligus di dalam satu tim. Tapi perlu diperhatikan, bahwa mereka tidak akan selalu mencetak lebih dari 1 gol. Pun jika ketiganya rutin bergantian menyumbangkan poin lewat gol atau asis, poin tersebut akan kurang lebih sama besarnya dengan yang disumbangkan oleh bek yang mendapatkan clean sheet dan bonus poin. Ingatlah tren yang sudah-sudah, bahwa monster-nya bonus point adalah para bek tengah. Jadi tidak ada salahnya Anda memiliki skuad yang lebih seimbang, dengan memilih satu dari 3 penyerang mahal tadi dan mengombinasikannya dengan bek-bek dengan harga yang separuh lebih murah namun memiliki kontribusi poin seimbang.

referensi tim-A.PNGDengan mengganti Lukaku dengan Negredo, jadi ada tempat untuk Hazard kan?

Ya! Menentukan prioritas tim Anda adalah kunci sukses permainan ini. (Penentuan konsep tim ini akan kami bahas di artikel terpisah, so stay tune with @pecca_pundit for latest update!

  1. Have fun!

Anda bisa saja mendelegasikan berminggu-minggu untuk galau menentukan 15 pemain yang akan Anda pilih, berserius ria, membamembuat corat-coret hingga melakukan simulasi atas segala sesuatunya dengan Ms. Excel sekalipun, namun ingat, ini hanya permainan. Nikmatilah! Berjudilah dengan keputusan-keputusan berani Anda, menyesallah, terpuruklah, dan bersenang-senanglah tiap kapten Anda hattrick misalnya, tapi jangan terlalu serius untuk memenangi segala sesuatunya, karena keseriusan yang berlebihan terhadap game ini akan menumpulkan feeling pengambilan keputusan, yang sudah kami-kami alami di musim-musim FPL sebelumnya. Jadi, sekali lagi, jangan lupa untuk having fun! Good luck!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s