PLAYER TO WATCH GW 4 – FPL 2016/2017

gw-4

Akhirnya berjumpa lagi dengan kami disini dalam artikel yang masih akan membahas seputar rekomendasi pemain FPL dengan tajuk “anti-mainstream”. Hehe… Bagi para pelaku FPL yang mungkin merasakan kegalauan di akhir pekan lalu karena agenda rutin nongkrongin hasil EPL sedang “diliburkan”, maka pekan ini kalian tak usah gundah gulana lagi karena GW4 akan segera dimulai.

Setelah dua pekan berlalu tanpa adanya pertandingan liga Inggris dikarenakan adanya jeda laga internasional (laga exhibition dan kualifikasi piala dunia), EPL gameweek 4 (GW4) kali ini akan dibuka dengan laga super big match yaitu laga derby Manchester yang melibatkan dua manager ternama abad ini, Jose Mourinho dan Pep Guardiola. Yang perlu diperhatikan juga buat para manager FPL adalah di tengah pekan nanti (14 – 16 September 2016) akan ada laga perdana UEFA Champions League (UCL) dan UEFA Europa League (UEL) musim 2016/2017 yang pastinya akan melibatkan tim-tim seperti Leicester, Arsenal, Tottenham Spurs, Manchester City, Southampton, dan Manchester United. Tentunya sedikit banyak akan mempengaruhi susunan pemain tim-tim tersebut guna menjaga kondisi kebugaran fisiknya. Sangat mungkin sekali jika tidak akan ada Eric Lamela di starting eleven Spurs saat melawat ke kandang Stoke City, atau mungkin Mesut Oezil dan Alexis Sanchez di kubu Arsenal akan diistirahatkan sejenak saat menjamu Southampton.

Namun di luar pertimbangan tersebut di atas dan layaknya rule of thumb sebelumnya, pemain-pemain yang coba direkomendasikan disini adalah mereka-mereka para pemain “special” yang sebagian besarnya tidak ikut berlaga dalam UCL dan UEL (hanya ada 2 dari 11 pemain rekomendasi kami yang bermain di UCL).

Langsung saja FPL Mania, inilah para pemain rekomendasi kami dari @pecca_pundit! Formasi yang diajukan adalah 3-4-3, formasi favorit FPL mania. Enjoy it…!!!

ptw-gw-4

KIPER

Maarten Stekelenburg (Everton, Harga 5.0, Dipilih oleh 2.3% manajer)

Masih sama dengan GW3, Maarten Stekelenburg masih menjadi opsi penjaga gawang rekomendasi kami. Setelah berhasil mencatatkan cleansheet pertamanya di musim ini, sepertinya hal tersebut akan kembali terulang di GW4 ini. Dengan mulai bermainnya Ashley Williams, pertahanan Everton terlihat makin solid (terlihat dengan tidak adanya shot on goal dari Stoke City pada GW3 kemarin), maka hal ini tentunya menjadi pertimbangan tersendiri menjadikan Stekelenburg dalam list rekomendasi kami. Apalagi dalam 4 laga berikutnya, anak asuh Ronald Koeman akan menjalani jadwal yang relative ringan (seperti yang sudah disampaikan di artikel sebelumnya). Maka tidak ada salahnya untuk mencoba berinvestasi padanya.

BEK

Mason Holgate (Everton, Harga 4.6, Dipilih oleh 6.3% manajer)

Di posisi bek, nama Mason Holgate kembali hadir sebagai rekomendasi kami yang siap mendukung sang penjaga gawang pilihan kami di atas. Sedikit berasa ge-er (hahahaha…..), mungkin setelah nama Holgate masuk dalam list di artikel sebelumnya, secara statistic terjadi peningkatan cukup signifikan pada persentase kepemilikannya di tim para manajer FPL (makanya harga pemain ini ada peningkatan 0,1 dibandingkan saat GW3 kemarin). Pemuda 19 tahun ini sepertinya masih akan kembali dipercaya Ronald Koeman dalam menggalang pertahanan Everton dan sesekali membantu penyerangan tim lewat penetrasinya dalam menyisir sisi kiri pertahanan Sunderland yang diperkuat Patrick van Aanholt (yang juga sering meninggalkan posnya). Akankah koleksi assist-nya (yang baru punya 1 biji) akan bertambah saat menghadapi Sunderland besok? Layak ditunggu.

James Collins (West Ham, Harga 4.6, Dipilih oleh 9.7% manajer)

Cidera berat yang dialami Aaron Cresswell di laga pra-musim dan pindahnya James Tomkins (ke Crystal Palace) seolah menjadi berkah tersendiri buat James Collins. Meski usianya sudah tergolong uzur (33 tahun), Collins mampu membuktikan diri bahwa dirinya masih cukup kuat dalam menggalang pertahanan West Ham. Catatan West Ham di 3 laga awal musim ini memang kurang memuaskan jika dilihat dari sisi pertahanan. Mereka sudah kebobolan 5 gol dalam 3 pertandingan (meskipun kelima gol tersebut hadir saat The Hammers bertandang melawan tim tangguh, yaitu Chelsea (2 gol) dan Manchester City (3 gol)). Namun jadwal GW4 ini sepertinya akan berpihak pada West Ham. Lawan yang akan dihadapi kali ini sebenarnya adalah tim kejutan di awal musim lalu, tetapi menjadi 360 derajat di awal musim ini. Watford belum mencatatkan kemenangan di musim ini dan menjadi salah satu tim dengan jumlah kebobolan terbanyak sejauh ini dengan 6 gol. Maka bukan tak mungkin Collins (bersama timnya) akan bisa meraih cleansheet dan sesekali turut naik membantu mengkreasikan peluang khususnya lewat pemanfaatan umpan dari bola-bola mati.

Adam Smith (Bournemouth, Harga 4.5, Dipilih oleh 3.4% manajer)

Meski akan mengalami jadwal berat setelah laga gameweek 4 ini, Adam Smith yang hanya dipilih 3,4% manajer sepertinya akan kembali mendapatkan poin dari akselerasinya membantu serangan Bournemouth. Memang penunjukkan Smith disini akan bertolak belakang dengan rekomendasi pemain depan kami. Namun bukan poin cleansheet-lah yang coba dijadikan target utama, melainkan konstribusi dalam wujud lain. Smith memang sering ikut naik membantu timnya dalam menyisir sisi kiri pertahanan lawan dan beberapa kali kerap menyulitkan lawannya lewat umpan-umpan silangnya. Untuk alasan itulah Smith muncul dalam daftar rekomendasi kami disini. Cukup tertarik kah?

TENGAH

Kevin Mirallas (Everton, Harga 6.6, Dipilih oleh 4.4% manajer)

Di sector tengah, Kevin Mirallas kembali menjadi Everton ketiga dalam tim pilihan kami di gameweek 4 ini. Posisinya di tim mungkin mulai terancam setelah kedatangan Enner Valencia yang baru saja dipinjam dari West Ham. Dan tentunya Mirallas perlu ekstra kerja keras untuk membuktikan bahwa dirinya memang masih layak menjadi bagian dari starting eleven Everton, apalagi setelah hanya dimainkan selama 69 menit di GW3 kemarin. Untuk alasan itulah kami masih merekomendasikan Mirallas untuk masuk dalam tim FPL GW4 ini. Dan tambahan koleksi gol dan assist-nya di musim ini pastinya akan semakin mengukuhkan dirinya untuk tetap menjadi potongan puzzle yang tak tergantikan untuk melengkapi racikan sang pelatih, Ronald Koeman. Dengan harga yang mengalami kenaikan menjadi 6,6, kami menilai Mirallas layak untuk dinantikan pembuktian dirinya tersebut.

Christian Eriksen (Tottenham Spurs, Harga 8.4, Dipilih oleh 7.9% manajer)

Salah satu motor serangan Spurs ini mungkin termasuk pemain yang terancam kehilangan tempatnya seiring kedatangan Mousa Sissoko ke White Hart Lane. Selain itu, padatnya jadwal pertandingan Spurs (tengah pekan depan akan menjalani laga pertama UCL musim ini) sepertinya juga turut mendukung untuk memberikan istirahat tambahan pada Eriksen. Namun bisa jadi laga GW4 nanti akan dijadikan ajang pelampiasan agar dirinya tidak tergusur dari posisinya dan pembuktian setelah di 3 laga awal masih dirasa kurang bisa memberikan kontribusi signifikan pada timnya. Catatan 16 assist dan 6 gol di musim 2015/2016 sepertinya sudah cukup membuktikan bahwa Eriksen sebenarnya salah satu motor kesuksesan Spurs musim lalu hingga mampu menduduki peringkat 3 klasemen akhir. Dan semoga Mr. Pochettino masih menjadikan Eriksen sebagai pemain kepercayaannya dalam usahanya mencuri poin kemenangan dari tuan rumah Stoke City.

Santiago Cazorla (Arsenal, Harga 7.6, Dipilih oleh 4.6% manajer)

Dengan menantinya laga perdana UCL tengah pekan depan, memang peluangnya dimainkan saat menjamu Southampton menjadi sedikit berkurang. Akan tetapi, dengan melihat posisi Arsenal di klasemen saat ini sepertinya Opa Wenger akan tetap memasukkan Cazorla dalam susunan pemainnya di GW4 ini. Ditambah dengan cederanya Aaron Ramsey dan pindahnya Jack Wilshere (menuju Bournemouth), Cazorla sepertinya akan jadi senjata Pasukan Meriam dalam mendongkrak perolehan poin tim yang sudah tertinggal 5 angka dibandingkan pimpinan klasemen liga. Selain itu, factor Sanchez yang baru menempuh perjalanan sejauh 11.665 km setelah membela Chile tanggal 7 September 2016 kemarin), kami memprediksikan kemungkinan besar Sanchez-lah yang akan diistirahatkan demi menjaga kebugaran untuk laga tengah pekan nanti di UCL dan Cazorla akan didorong sedikit ke depan. Sumbangan golnya di GW3 kemarin memang bisa dibilang berkah buat Cazorla karena didapat lewat titik putih setelah dilanggarnya Alexis Sanchez di area kotak pinalti. Namun menurut kami akan ada celah pundi-pundi poin dari Cazorla yang layak diharapkan melalui sumbangan assist yang sampai dengan GW3 musim ini baru terkoleksi di angka 2. Dan kembali mengingatkan FPL’ers, silakan cek sendiri jadwal Arsenal hingga pekan ke 10 jika Anda masih ragu.

Willian (Chelsea, Harga 7.4, Dipilih oleh 7.4% manajer)

Sepertinya Antonio Conte selaku pelatih Chelsea masih sering melakukan uji coba dalam menentukan satu posisi dalam formasinya, dan posisi tersebut adalah sisi sayap kanan yang menjadi area jelajah Willian. Terbukti di 3 laga awal terdapat 3 pemain yang sudah dicoba menempati pos tersebut (Willian, Pedro Rodriguez dan Victor Moses). Willian dipercaya mengisi pos tersebut di GW1 (sampai menit 79 dan kemudian diganti Pedro) dan GW3 (sampai menit 76 dan kemudian diganti Moses), sedangkan Pedro menjadi starting di GW2 (sampai menit 70 dan kemudian diganti Moses). Dan dari ketiga pemain tersebut, Willian dan Moses sudah berhasil menorehkan masing-masing 1 gol dan Pedro baru mencatatkan 1 assist. Dan jika berdasarkan perolehan poin FPL, sampai saat ini Willian-lah yang mempunyai nilai tertinggi diantara ketiganya yaitu 15. Memang tidak dapat dipungkiri jika diminta memilih, hampir semua manajer FPL akan lebih menunjuk Eden Hazard jika akan mengambil pemain Chelsea. Tapi berdasarkan pertimbangan khusus (terutama persentase pemain dipilih), maka Willian mungkin bisa menjadi alternative lain untuk bisa direkrut dalam tim FPL Anda. Kami memprediksi bahwa Willian akan menjadi pilihan utama Conte jika dilihat dari performa di 3 laga awal dan tentunya Willian akan membuat lini pertahanan Swansea kerepotan dalam pertandingan nanti.

DEPAN

Adama Diomande (Hull City, Harga 4.6, Dipilih oleh 6.4% manajer)

Ingin mencari pengganti Kun Aguero (yang sedang kena sanksi) dengan pemain lain yang berposisi non-striker tapi cukup potensial mendulang poin (semacam Alexis Sanchez, Eden Hazard, dll)??? Jika iya, biasanya satu hal yang sering mengganjal eksekusi rencana tersebut adalah masalah budget. Nah, mungkin salah satu solusinya adalah mengganti Aguero dengan pemain depan lain yang berharga rendah tapi masih ada potensi dapat poin. Adalah Diomande yang akan kami rekomendasikan utnuk memuluskan rencana tersebut. Dengan harga hanya 4,6 dan lawan di GW4 “Cuma” Burnley, Diomande pasti diharapkan dapat memberikan kontribusi yang maksimal untuk membantu timnya dapat tetap bertahan di papan atas klasemen sementara EPL musim ini. Torehan 1 gol di laga perdana musim ini mungkin bisa dijadikan modal untuk menghadapi laga tandang melawan Burnley nanti.

Salomon Rondon (West Brom, Harga 6.5, Dipilih oleh 3.8% manajer)

Setelah mengecewakan di GW3 kemarin (dipercaya jadi kapten malah zonk, hahaha…), Rondon masih akan masuk dalam rencana tim kami. “Hanya” akan menghadapi Bournemouth, Rondon sepertinya akan bisa menambah catatan golnya. Perhatikanlah catatan menarik dari pemain yang satu ini, yaitu statistic tendangan Rondon di dalam kotak penalty merupakan angka terbaik kedua di EPL. Dengan tambahan amunisi West Brom seperti Nacer Chadli, bukan tidak mungkin Rondon akan semakin mendapatkan pelayanan yang lebih dibandingkan sebelumnya. Tim lawan juga sepertinya sedang dalam periode yang kurang bagus. Selain harganya yang relatif murah, jadwal West Brom sampai dengan pekan ke-7 cukup mendukung untuk berinvestasi padanya. Dan sebagai informasi ekstra, Bournemouth adalah salah satu tim yang selalu kebobolan di tiga laga awal musim ini dan telah menerima 33 tembakan di kotak penalty (kedua terbanyak di EPL). Tertarik?

Christian Benteke (Crystal Palace, Harga 7.4, Dipilih oleh 4.0% manajer)

Mungkin status sebagai “Pemain buangan” masih melekat pada dirinya, namun setelah melihat potensi dari permainannya di GW3 lalu, Benteke sepertinya sudah nulai nyetel dan kembali menebar ancaman buat lawan-lawannya. Setelah kegagalannya dalam mencetak rekor selalu mencetak gol di laga debut untuk timnya di liga Inggris, Benteke diharapkan dapat melampiaskannya nanti saat bertandang ke Middlesbrough, walaupun konon calon lawannya tersebut sedang dalam kondisi bagus dan mempunyai pertahanan yang cukup solid (baru 2 gol bersarang dalam 3 laga awal). Selain itu, mengutip dari kabar yang beredar saat menghadapi Bournemouth kemarin yang menyebutkan bahwa Benteke mengajukan diri sebagai algojo penalti (yang kemudian ditolak dan Cabaye gagal mengeksekusi penalti tersebut), sepertinya Benteke akan diberikan kesempatan sebagai penendang penalti saat Crystal Palace mendapatkannya lagi. Untuk itulah, Benteke akan kami jadikan kapten untuk tim ini. Layak ditunggu gebrakan Benteke dan isu penalty taker tersebut di atas

Dan sebagai penutup artikel ini, akan kami sampaikan rekomendasi kapten tim FPL (terlepas dari harga sang pemain dan persentase kepemilikan oleh seluruh manajer FPL). Ada 3 pemain yang kita pilih, diantaranya Michail Antonio (Home vs. Watford), Christian Benteke (Away vs. Middlesbrough), dan Romelu Lukaku (Away vs. Sunderland).

*Catatan tambahan : susunan 11 pemain di atas akan coba disimulasikan dalam tim FPL dengan nama tim Pecca Indonesia (hanya untuk mengetahui seberapa besar poin yang akan diraih dari pemain-pemain rekomendasi kami). Oya, mohon jangan dilihat nilai minus akibat over transfer (karena memang sengaja dilakukan, hehe…).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s