PLAYER TO WATCH GW5 – FPL 2016/2017

gw-5

Sejak Vina Panduwinata mempopulerkan lagu berjudul “September Ceria” 34 tahun yang lalu, setiap kali kita masuk di bulan ini yang sering dibayangkan tentunya akan banyak keceriaan yang bermunculan. So, sebagai tribute buat tante Vina mari kita lanjutkan tradisi Pecca.id di GW5 bulan September ini dengan nge-build sebuah tim FPL yang dijamin CERIA.

Why ceria guys? Sebabnya gak lain karena prinsip yang kita pegang teguh untuk senantiasa memilih pemain anti-meta (pinjam istilah DoTA dulu), yaitu pemain dengan harga murah yang dipilih oleh tak lebih dari 10% manajer FPL dari seluruh dunia dan sebagian besarnya tidak ikut berlaga dalam UCL dan UEL – seems legit kan guys. Jadi di GW yang diawali dengan duel raksasa Biru vs Merah yang udah pasti bikin kamu super excited, without further ado let’s do this !!!

vina

(Rela kalo digenggam tante Vina)

ptw-gw-5

KIPER

Steve Mandanda (Crystal Palace – Harga 4.4 – Dipilih oleh 3.6% Manager)

Sejak dimulainya season 2016/2017 sebenarnya penulis udah pengen masukin pemain yang satu ini. Track record nya yang lumayan apik di Ligue 1 dan harganya yang relatif miring sempat membuat Mandanda jadi pilihan untuk posisi GK kedua, sebelum akhirnya seorang Eldin Jakupovic muncul dan jadi pilihan semua orang. Well, untuk Mandanda sendiri baru dimainkan di dua GW terakhir, tapi dengan hasil 1 kali imbang dan 1 kali menang saat dia bermain dibandingkan dengan Hennessey yang 2 kali kalah, rasanya posisi utama ada dalam genggaman. Mempertimbangkan lawan Palace di pekan ini yaitu “kuncen” (-juru kunci) Stoke City kemudian dilanjutkan dengan “mas’e kuncen” (-kakaknya juru kunci) Sunderland, rasanya ada peluang besar bagi om Steve untuk bersinar.

BEK

Andrew Robertson (Hull City – Harga 4.5 – Dipilih oleh 1.8% Manager)

Tidak banyak yang bisa penulis sampaikan untuk pilihan defender ini, barangkali hanya sekedar bisikan ghaib yang mengatakan bahwa Hull bisa menahan Arsenal di akhir pekan nanti. Meskipun begitu, menjadi pilihan utama Mike Phelan di lini belakang dan kestabilan performa Robertson sudah cukup mendukung teori bisikan ghaib penulis kali ini (^_^).

Sam Byram (West Ham United – Harga 4.5 – Dipilih oleh 0.8% Manager)

Bersama James Collins dan Winston Reid di lini belakang The Hammers, nama Sam Byram tentunya jarang terdengar. Apalagi di pekan sebelumnya dimana 4 gol bersarang di gawang West Ham menjadikan Sam Byram pilihan yang cukup riskan. Pekan ini saat dijamu oleh West Brom, harapan terbesar justru berada dipundak para penyerang yang diisi oleh nama-nama tenar seperti Payet, Antonio dan Zaza. Dengan potensi kekuatan offensif West Ham yang mumpuni, seharusnya barisan belakang mampu lebih berkonsentrasi dan menghindari kesalahan berujung gol dari lawan.

Joel Ward (Crystal Palace – Harga 5.0 – Dipilih oleh 0.9% Manager)

Mendukung pilihan Steve Mandanda di posisi penjaga gawang, catatan Joel Ward cukup baik selama menjaga kedalaman Crystal Palace sampai dengan pekan kelima ini. Melawan Stoke City di kandang sendiri ditambah catatan yang menarik di musim lalu dengan 2 gol menjanjikan Joel Ward paling tidak berpeluang untuk memperoleh clean sheet atau bahkan mencetak satu gol.

TENGAH

Daniel Drinkwater (Leicester City – Harga 5.5 – Dipilih oleh 8.9% Manager)

Masih segar ingatan kemenangan pertama yang diperoleh Leicester dalam penampilan perdananya di kancah UCL. Skor 3-0 atas jawara Belgia musim lalu membuktikan bahwa di musim ini The Foxes terlambat panas. Kepergian Kante di lini tengah tampaknya juga memberikan efek yang signifikan terhadap berjalannya skema permainan Ranieri. Kembali pada hasil terakhir, kemenangan tersebut menunjukkan kesolidan Leicester dan adanya lubang Kante yang mulai bisa ditutup oleh barisan tengah khususnya oleh Drinkwater.

Christian Eriksen (Tottenham Hotspurs – Harga 8.4 – Dipilih oleh 8.0% Manager)

Ditengah performa Spurs yang sedang mananjak, ditandai dengan kemenangan telak dikandang Stoke sosok Eriksen menjadi salah satu elemen penting didalamnya. Saat menjamu Sunderland di White Hart Lane pekan ini, bermodal 2 assist dan juga menjadi pengambil free kick utama di tim peluang Eriksen sangat besar hanya untuk dilewatkan. Musim lalu mencatat bahwa Eriksen adalah salah satu raja assist (16) bersama Ozil (19) tentunya, maka patut ditunggu gelontoran umpan darinya di musim ini.

Yannick Bolasie (Everton – Harga 6.0 – Dipilih oleh 5.2% Manager)

Sejak awal musim bergulir, Bolasie sudah banyak diperbincangkan dan digadang-gadang bisa bersinar bersama Everton. Performa menawan bersama Palace dua musim sebelumnya merupakan bukti yang sahih atas kemampuan Bolasie. Begitupun, bersama Everton di awal musim ini Bolasie tidak langsung menunjukkan kualitas yang sebenarnya. Baru pada pekan keempat dia berjasa menyumbang 1 assist dalam kemenangan 3-0 atas Sunderland. Dengan semakin padunya kerjasama antara mesin gol Lukaku dan Bolasie, investasi atas dirinya saat berhadapan dengan Middlesbrough bisa jadi berbuah manis.

Roberto Pereyra (Watford – Harga 6.0 – Dipilih oleh 0.6% Manager)

Satu lagi pemain yang berassal dari bisikan ghaib penulis adalah Roberto Pereyra. Melawan Manchester United, tim yang melaju dengan sangat baik sejak pekan pertama apakah Watford mampu memberikan perlawanan? Jika harus menjawab dengan logika tentunya tidak mungkin, tetapi pencapaian Watford yang baru semusim berada di kasta tertinggi Liga Inggris menjadi salah satu pertimbangan penulis. Berduet dengan kejutan yang bernama Etienne Capoue di lini tengah dan ditambah pengalaman bersama Juventus di musim lalu, semakin menguatkan feeling penulis terhadapnya di pekan ini.

DEPAN

Kelechi Iheanacho (Manchester City – Harga 7.0 – Dipilih oleh 5.0% Manager)

Seberapapun jeniusnya seorang pelatih dalam kasus ini adalah Pep Guardiola, saat tidak memiliki stok pemain di lini depan maka pilihannya jatuh pada Iheanacho seorang. Sanksi bagi Aguero yang baru akan selesai di GW6 EPL seolah menjadi ajang pembuktian bagi Iheanacho kepada Pep melalui sumbangan 1 gol & 1 assist di pekan lalu. Modal tersebut rasanya sudah cukup untuk menentukan investasi di GW5 ini dan juga tidak ada salahnya untuk menyematkan ban kapten padanya saat gawang yang dihadapi “hanyalah” Bournemouth.

Shinji Okazaki (Leicester City – Harga 5.8 – Dipilih oleh 1.6% Manager)

Okazaki bisa jadi merupakan pilihan kedua dibelakang sang rising star Jamie Vardy. Belum lagi dia masih harus bersaing dengan rekrutan baru macam Islam Slimani & Ahmed Musa. Tapi coba kita perhatikan lagi catatan Okazaki di awal musim ini, data menunjukkan bahwa dia selalu bermain di seluruh pertandingan Premier League Leicester. Well, memang tidak semua menjadi starter akan tetapi kepercayaan opa Tinkerman padanya sudah cukup untuk memilih Okazaki sebagi striker kita di pekan ini.

Sam Vokes (Burnley – Harga 6.0 – Dipilih oleh 1.1% Manager)

Apa yang bisa terjadi saat dua tim yang memiliki gaya permainan serupa bertemu? Pertarungan yang ketat tanpa gol atau saling terbuka dan lahir banyak gol? Dalam kasus Leicester bertemu Burnley, dimana keduanya berstatus Raja meskipun berbeda kasta, rasanya tidak akan ada yang ingin mengalah satu sama lain. Keberadaan duet Sam Vokes dan Gray di lini depan menjanjikan raupan poin yang besar bagi manajer FPL yang mengharapkan duel terbuka antara Burnley dan Leicester.

Dan sebagai penutup artikel ini, akan kami sampaikan rekomendasi kapten tim FPL (terlepas dari seberapa besar persentase dipilihnya pemain ini oleh manajer FPL). Ada 3 pemain yang kita pilih, diantaranya Zlatan Ibrahimovic (vs. Watford away), Kelechi Iheanacho (vs Bournemouth home) dan Romelu Lukaku (vs. Boro home).

*Catatan tambahan : susunan 11 pemain di atas akan coba disimulasikan dalam tim FPL dengan nama tim Pecca Indonesia (hanya untuk mengetahui seberapa besar poin yang akan diraih dari pemain-pemain rekomendasi kami). Oya, mohon jangan dilihat nilai minus akibat over transfer (karena memang sengaja dilakukan, hehe…).

*Tulisan ini adalah Rekomendasi Player To Watch Perdana salah satu kontributor perdana pecca_pundit, yaitu Sera Yunarizal. Saya hanya sebagai perantara buat upload ke blog ini, hehe… Setiawawan libur nulis dulu, lagi sibuk banyak kerjaan, hahaha…..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s